Angsa hitam (Cygnus atratus) adalah butung air bertubuh besar yang banyak terdapat di bagian Tenggara dan Barat Daya dari Negara Australia. Dahulu juga terdapat di New Zealand tetapi sudah punah karena perburuan dan sekarang sudah diintroduksi kembali. Angsa Hitam adalah hewan nomaden yang berpindah dan bermigrasi sesuai kondisi iklim.

Angsa ini berkarakteristik yaitu memiliki bulu hitam di tubuhnya dengan warna paru merah terang yang sangat kontras dengan tubuhnya. Angsa ini banyak terdapat di kebun binatang dan juga sering dijadikan koleksi peliharaan.

Klasifikasi Ilmiah Kingdom : Animalia Filum : Chordata Kelas : Aves Ordo : Anseriformes Famili : Anatidae Genus : Cygnus Spesies : Cygnus atratus
 


Tentang Angsa Hitam

Angsa hitam yang sudah dewasa memiliki bulu hitam di sekujur tubuhnya, paruhnya berwarna merah terang, ujung dan pangkal paruhnya berwarna merah pucat. Kaki dari angsa ini berwarna abu - abu tua.
angsa hitam dewasa




Angsa hitam yang masih belum dewasa, memiliki bulu berwarna abu - abu, dengan ujung bulu yang berwarna pucat, paruhnya masih berwarna hitam dan belum berubah menjadi warna merah.

angsa hitam belum dewasa:



Angsa hitam dewasa berukuran antara 110 - 142 cm panjangnya dengan bobot sekitar 3.7 - 9 Kilogram. Rentang sayapnya adalah antara 1.6 - 2 meter. Lehernya panjang dengan bentuk "S".

leher angsa hitam:



Suara yang dikeluarkan angsa hitam adalah suara seperti terompet yang dapat terdengar sampai jarak yang jauh. Suara ini dikeluarkan saat angsa terbang dan berenang dengan tenang, atau saat memanggil kawannya. Saat dalam keadaan bahaya, angsa ini mengeluarkan suara seperti peluit.

Makanan Angsa Hitam

Angsa hitam hampir 100% vegetarian. Makanan utama mereka adalah tumbuhan air dan tumbuhan dataran basah. Di daerah South wales, makanan angsa hitam adalah daun reedmace.


daun reedmace



 Di daerah Queensland, makanan mereka biasanya berupa tumbuhan algae. Komposisi makanan mereka tergantung dari ketinggian air, jika air terlalu dalam, maka mereka akan mengambil tumbuhan di darat, Jika airnya dangkal, mereka akan mengambil tumbuhan di dasar air.





Cara makannya yaitu dengan menyelamkan kepala dan leher mereka kedalam air dan menjaga tubuhnya dalam posisi hotizontal. Saat air sedang dalam, hewan ini dapat menyelam penuh seluruh tubuhnya tetapi sangat jarang.

angsa hitam makan



Reproduksi & Kehidupan Seksual
 
Angsa hitam seperti manusia. Mereka biasanya berpasangan seumur hidup dan tidak sering gonta ganti pasangan. Menurut data, hanya 6% angsa hitam yang bercerai setelah mereka kimpoi.

Diperkirakan ada 1/4 dari jumlah pasangan yang HOMOSEXUAL, biasanya pasangan ini kerjanya yaitu mencuri telur dari sarang angsa lain dan biasanya melakukan hubungan "threesome" dengan satu betina untuk mendapatkan telur.

pasangan angsa hitam:



Sarang Angsa hitam biasanya terdapat di semak buluh, atau di rerumputan. Ukuran sarang mereka yaitu antara 1 - 1.5 meter pada diameter dengan tinggi mencapai 1 meter. Jantan dan betina mengurus sarang secara bersama dan kooperatif. Biasanya tiap sarang terdapat 4 - 8 buah telur angsa yang dierami selama 35 - 40 hari.


sarang angsa hitam
 
 
telur angsa hitam:  

 
 
Setelah telur menetas, bayi angsa yang baru lahir akan terus mengikuti induknya untuk mendapatkan jaminan makanan. Mereka mengikuti induknya selama 9 bulan sajmpai mereka cukup dewasaa untuk mencari makan sendiri.
 
bayi angsa hitam
 
 
saat mengikuti induknya 

 




 http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7961247 

Posting Komentar

  1. Kami www.bursaayamhias.com menyediakan berbagai jnis angsa(black swan,mite swan,black neck swan dll) berbagai macam bebek (mandrin duck,caroline duck,red breasted goose,barneckle duck dll /bisa hubungi di nomer tlpon/Wa 081216419740 lokasi ngawi jatim bisa bantu kirim seluruh indonesia. Kecuali yang berzona merah.

    BalasHapus
  2. Kami www.bursaayamhias.com menyediakan berbagai jnis angsa(black swan,mite swan,black neck swan dll) berbagai macam bebek (mandrin duck,caroline duck,red breasted goose,barneckle duck dll /bisa hubungi di nomer tlpon/Wa 081216419740 lokasi ngawi jatim bisa bantu kirim seluruh indonesia. Kecuali yang berzona merah.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.