Asupan Penghantar Tidur.mungkin agan Termasuk orang yang sulit tidur? Sering mengisi malam dengan mengunyah camilan dan ngaskus, karena agan berpikir lapar adalah pemicunya? Jika ini yang terjadi, masalah tidur bisa juga mengganggu niat agan untuk memiliki lingkar pinggang yang ramping. Ayo,
hantarkan tubuh agan ke alam mimpi dengan 5 ‘obat tidur’ alami ini :


 1. Ceri.


Baik yang segar atau pun kering, ceri merupakan satu-satunya sumber melatonin yang ada dalam makanan. Melatonin adalah senyawa yang mengontrol jam internal tubuh untuk mengatur tidur. Para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi ceri satu jam sebelum waktu tidur atau sebelum berpergian jika kita mau tidur di pesawat.

2. Pisang.


Potasium dan magnesium adalah zat alami yang mampu membuat otot rileks. Dan buah kuning ini memiliki keduanya. Plus, pisang juga mengandung asam amino L-tryptophan, yang nantinya akan diubah dalam otak menjadi 5-HTP. Kemudian, giliran 5-HTP akan diubah menjadi serotonin (hormon pemberi rasa nyaman) dan melatonin.

3. Roti panggang.


Asupan kaya karbohidrat akan memicu produksi insulin, dan menyebabkan kita mengantuk dengan mempercepat pelepasan serotonin dan tryptophan. Kedua senyawa ini bertugas membuat kita rileks dan mengatar kita cepat ke alam mimpi.


4. Oatmeal.


Layaknya roti panggang, satu mangkuk oatmeal akan mendongkrak naiknya gula darah yang nantinya meningkatkan produksi insulin dan melepaskan zat otak pembuat kantuk. Tak hanya itu, oatmeal juga kaya akan melatonin.


5. Susu hangat.


Seperti pisang, susu mengandung asam amino L-tryptophan, yang berubah menjadi 5-HTP dan melepaskan serotonin yang menenangkan. Tingginya kadar kalsium dalam susu juga membantu kita cepar tertidur.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.