Menjadi vegetarian merupakan pilihan sebagian orang saat ini,dan semakin hari semakin banyak yang memilih menjadi vegetarian. Ada banyak sekali keuntungan menerapkan pola hidup vegetarian bagi kesehatan. Tetapi pola makan vegetarian jika tidak dilakukan dengan pengetahuan gizi yang baik malah akan menyebabkan resiko
ketidak seimbangan gizi pada tubuh yang pada akhirnya akan menyebabkan penyakit. Salah satu yang harus diperhatikan adalah kecukupan asupan protein.

Walaupun penganut vegetarian tidak lagi makan daging bukan berarti tidak bisa memenuhi kebutuhan proteinnya. Sebenarnya ada banyak sekali pilihan makanan non daging yang bisa menjadi sumber protein yang baik. Beberapa dari sumber protein non daging adalah :

1. Yoghurt organik plain

Makanlah yoghurt polos atau rasa plain dan tambahkan beberapa buah-buahan dan kacang-kacangan untuk menambah kelezatannya. Yoghurt merupakan sumber protein yang baik. Probiotik dalam yoghurt juga baik untuk tubuh.

2. Tempe
Tempe adalah produk fermentasi kedelai yang kaya akan isoflavon yang sangat baik untuk jantung. Rasanya pun lezat.

3. Almon


Kebanyakan kacang dan selai kacang adalah pilihan protein yang baik, tetapi almon merupakan yang paling sehat dari semua jenis kacang yang ada. Bila Anda memang ingin menambah asupan protein, konsumsilah kacang almon.

4. Kacang

 
Kacang-kacangan seperti kacang tanah adalah sumber protein yang baik meskipun mereka juga mengandung banyak pati. Bonusnya, kacang juga mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan Anda.

5. Telur


Jika Anda adalah seorang vegetarian yang bersedia memakan telur, jadikanlah telur sebagai bagian rutin dari menu Anda. Ada banyak cara memasak telur yang tentunya menggugah selera. Terlebih telur adalah sumber protein nomor satu.
Bookmark and Share

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.